Tips Penting dalam Desain Kamar Mandi

Sehari, rata-rata orang menghabiskan waktu sekitar 60 menit di toilet atau kamar mandi, baik untuk mandi maupun kebutuhan lainnya, hal ini seharusnya membuat kita tidak menyepelekan desain kamar mandi agar dapat tercipta rasa nyaman dan fresh saat di dalam maupun setelah dari kamar mandi.

Desain kamar mandi

Salah satu hal terpenting adalah adanya ventilasi udara di kamar mandi untuk menjaga udara di dalam tetap segar, hindari membingkai lubang ventilasi dengan kayu karena suhu atau udara kamar mandi dapat merubah bentuk bingkai kayu tersebut nantinya.

Anda dapat pula menambahkan gantungan penghangat handuk atau towel warmer di dinding kamar mandi yang berfungsi selain membuat handuk cepat kering juga menyalurkan udara hangat yang menghambat pertumbuhan jamur di dinding kamar mandi anda.

Mengganti bak mandi dengan shower juga dapat anda pertimbangkan untuk menambah luas area kamar mandi, baik ditambah ataupun tanpa menggunakan shower screen, namun jika anda tidak menggunakan shower screen, lebih baik pastikan arah semburan air, atau pantulan air tidak mengarah ke pintu kamar mandi dan pastikan juga lantai kamar mandi sedikit miring agar air dapat mudah mengalir menuju lubang pembuangan.

Pemilihan warna kamar mandi

Untuk menambah kesan luas dari kamar mandi, sebaiknya pilihlah warna-warna terang atau cerah, jika anda berencana memasang ubin di dinding kamar mandi sebaiknya hindari ubin dengan permukaan yang glossy terutama jika anda memasang lampu yang terang untuk menghindari pantulan cahaya yang dapat membuat mata anda kurang nyaman.

Transisi warna dari gelap ke terang, bawah ke atas juga dapat anda terapkan di kamar mandi anda agar tercipta kesan ruang yang lebih luas.
Kreatifitas andalah yang menentukan hasil akhir, semoga tips desain kamar mandi yang saya berikan kali ini bermanfaat.