Tips Pemilihan Warna Untuk Ruangan

Pemilihan warna yang tepat ternyata sangat ampuh untuk mengubah perspektif dan suasana dalam rumah anda. Selain memberikan nuansa damai, penggunaan warna yang tepat dapat membuat penghuni rumah terhindar dari stress, hal ini dikenal dengan nama metode terapi warna.

Metode pemilihan warna

Berikut beberapa tips pemilihan dan penggabungan warna yang harus anda perhatikan.

Pelajari efek warna pada kesan dan kepribadian

Anda tentunya bisa mengenali warna paling dominan di dalam rumah anda. Perhatikan warna-warna cerah, gelap, dan terang yang ada di sekitar anda, dan rasakan efek langsungnya bagi anda.
Setiap warna menghasilkan efek dan kesan yang berbeda, silahkan anda baca kesan yang ditimbulkan oleh warna untuk penjelasan lengkapnya

Memilih harmonisasi warna

Pemilihan warna sebaiknya tidak hanya cocok untuk anda saja, apalagi jika anda tidak tinggal sendiri.
Tanya pendapat anggota keluarga yang lain, dan temukan kecocokan warna atau ide kombinasi warna.
Hal ini akan menciptakan efek harmonisasi dari warna yang anda pilih.

Warna yang tepat untuk area yang tepat

Berikut tips penempatan warna sesuai area.
  • warna hangat sangat baik ditempatkan di ruang dimana paling sering anda dan keluarga berkumpul, warna hangat dapat menambahkan nuansa kehangatan pada suasana canda dan tawa anda bersama keluarga.
  • warna dingin mampu memberikan efek tenang, baik ditempatkan di area pintu masuk atau keluar, ruang televisi, dan bisa juga untuk kamar tidur untuk menambah nuansa ketenangan.
  • area makan sebaiknya menggunakan warna campuran, anda bisa mengkombinasikan warna dinding hangat dengan furniture, taplak meja, maupun hiasan dinding seperti lukisan dengan warna berlawanan namun memiliki kecocokan.
  • berikan warna hangat untuk daerah kamar mandi, karena tempatnya yang seringkali kurang mendapat cahaya dari luar, warna hangat dan terang dapat memberikan kecerahan ruang yang lebih apalagi jika dikombinasikan dengan pemilihan jenis dan warna lampu yang tepat.

Pemilihan warna memang salah satu hal yang kompleks lebih baik konsultasikan dengan pakarnya agar hasilnya lebih memuaskan, selamat memilih warna untuk rumah anda.